ANGIN DUDUK APAKAH GEJALA JANTUNG ?

image : www.drugs-expert.com
Apakah anda pernah merasakan sakit secara tiba-tiba di dada anda ? Mungkin anda terkena yang namanya Angina PektorisAngina pektoris atau disebut juga Angin Duduk adalah penyakit jantung iskemik didefinisikan sebagai berkurangnya pasokan oksigen dan menurunnya aliran darah ke dalam jantung. Gangguan tersebut bisa karena suplai oksigen yang turun atau kebutuhan oksigen yang meningkat.





Angina dikelompokkan dalam 2 jenis yaitu angina stabil dan angina tidak stabil. Angina stabil terjadi bila aktivitas fisik meningkat membuat jantung membutuhkan permintaan yang lebih besar akan darah yang kaya oksigen. Sehingga pada saat kekurangan pasokan darah, maka akan terasa nyeri di dada. Misalnya pada saat kita berlari, mendaki gunung, ataupun aktifitas fisik lainnya, membuat jantung kita akan membutuhkan darah dalam jumlah yang lebih tinggi.

Angina tidak stabil terjadi pada tingkat aktivitas rendah atau pada saat istirahat. Tipe ini biasanya disebabkan oleh pembentukan gumpalan darah di lokasi plak pecah di arteri koroner. Angina yang terjadi saat istirahat adalah bentuk paling serius. Jika tidak diobati, dapat mengakibatkan serangan jantung.


image : www.nlm.nih.gov
Terus bagaimana cara untuk mencegahnya? Caranya mudah saja, hanya dengan banyak minum air putih minimal 8 gelas  10 gelas sehari, banyak makan buah-buahan dan sayuran, hindari stress, perbanyak berpuasa, tidur yang cukup dan olahraga ringan diusahakan rutin. Yang penting kita mau hidup sehat, apapun pasti bisa dilakukan. :) Semoga bermanfaat




berbagai sumber

No Response to "ANGIN DUDUK APAKAH GEJALA JANTUNG ?"

Post a Comment