Asap Rokok Mempercepat Osteoporosis




Sebuah penelitian mengklaim, osteoporosis bukan hanya terjadi akibat pengeroposan di usia tertentu, namun gaya hidup seperti merokok disebut-sebut pada akhirnya akan mengikis tulang lebih cepat. 

Disebutkan peneliti, mereka yang merokok tanpa sadar akan memproduksi jumlah yang berlebihan dari dua protein yang mendorong pertumbuhan osteoklas, yakni sel-sel penghilang tulang yang pada akhirnya akan melarutkan dan mengikis tulang. Bagi peneliti, kondisi tersebut bukan tidak mungkin akan membuat tulang lebih rentan mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang. 

Seperti dalam penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, osteoporosis dapat meningkatkan risiko patah tulang dan menjadi penyebab utama kecacatan pada orang tua. Dalam penelitiannya, ilmuwan dari American Chemical Society menganalisis perbedaan aktivitas genetik dalam sel sumsum tulang dari perokok dan bukan perokok. Dilihat dari hasilnya, peneliti mengklaim bahwa yang melemahkan tulang bukanlah racun dalam asap rokok, tetapi jumlah luar biasa besar dari dua protein yang diproduksi oleh tubuh akibat banyak terpapar banyak asap rokok. 

Penelitian yang dipimpin oleh Gary Guishan Xiao menyebutkan bahwa racun dalam asap rokok melemahkan tulang dengan cara mempengaruhi aktivitas osteoblas, yakni sel-sel yang membangun tulang baru, dan osteoklas, yang mengisap atau merusak tulang yang sudah tua. 

Selain itu, disebutkan pula bahwa tubuh perokok kelak akan memproduksi dua protein yang mendorong produksi pemecah tulang osteoklas dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

sumber : www.mediaindonesia.com

1 Response to "Asap Rokok Mempercepat Osteoporosis"

GST Training Delhi said...

I certainly agree to some points that you have discussed on this post. I appreciate that you have shared some reliable tips on this review.

Post a Comment